Manfaat Daun Pandan

Manfaat Pandan. Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan monokotil dari famili Pandanaceae yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Daunnya merupakan komponen penting dalam tradisi masakan Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunjang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi, berikut adalah manfaat dari daun pandan : . . .

Untuk Makanan :
  • Pewarna alami pada makanan seperti roti, kue bolu.
  • Sumber pengharum pada makanan tradisional dan minuman.
  • Sisa daun pandan untuk makanan bubur kacang hijau.

Untuk Kesehatan :
  • Menghitamkan uban rambut : Ternyata daun pandan dapat memberikan manfaat pada rambut anda, cara pemakaian : Cuci 7 lembar daun pandan dan potong-potong. Selanjutnya rebus dengan 1 liter air hingga warnanya menjadi hijau. Embunkan selama semalam. Paginya campur dengan air perasan 3 buah daun mengkudu masak. Campuran ini untuk mencuci rambut. Lakukan 3 kali seminggu hingga terlihat hasilnya. Tentu saja ini tidak berlaku untuk rambut putih atau beruban tentunya.
  • Cegah rematik dan Pegal Linu : Cuci 3 lembar daun pandan, iris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk merata. Setelah dingin, gosok bagian tubuh yang sakit.
  • Penambah nafsu makan : wangi yang khas dari daun pandan,memberikan manfaat untuk menambah nafsu makan, terutama pada anak kecil yang susah makan. cara pemakaian : buatlah Potong kecil-kecil 10 gr daun pandan wangi segar, rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit hingga tersisa 1 gelas (minum 2 kali sehari).

2 comments:

Obat Jerawat Herbal said...

thanks ya informasinya semoga bermanfaat bagi semua pengunjung.

Pondokibu.com said...

sangat bermanfaat sekali infonya. makasih

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes