Tips untuk kesehatan Mata

Mata adalah jendela dunia. Memang benar, panca indera yang satu ini sangat vital dan Bermanfaat banyak sekali, mata memerlukan cahayan untuk melihat, jika kita berada di tempat gelap, maka mata pun tidak akan bisa berfungsi dengan baik! bisa di katakan tak ada cahaya mata pun tak berdaya. mata dapat memeberikan informasi tentang segala hal disekitar kita. Dan penglihatan juga sangat membantu dalam menjalankan segala aktivitas harian kita. maka dari itu mempunyai mata sehat sangatlah di anjurkan! Berikut Tips untuk membuat mata anda tetap sehat dan dapat melihat sesuatu dengan jelas dan jernih baik untuk jarak jauh maupun dekat, sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini :

  • Bekerja atau membaca di tempat yang cukup penerangan : Kurangnya penerangan akan membuat otot otot mata bekerja ekstra keras. Hal ini akan menyebabkan mata mudah lelah dan pedih serta buram saat melihat tulisan di buku, serta mempercepat timbulnya rabun jauh (miopia) untuk menghindari timbulnya rabun jaug diperlukan Jarak yang aman membaca buku adalah 30 cm.
  • Pakailah pelindung mata bila mengendarai sepeda atau sepeda motor : Terpaan angin, debu, dan terik sinar matahari yang mengandung ultra violet, dapat mengganggu kesehatan mata. Serpihan benda padat, atau serangga yang masuk ke mata bisa menyebabkan infeksi mata : dengan gejala pedih, mata merah, mata berair atau belekan.sebaiknya pakailah kaca mata atau tutup kaca helm demi menyelamatkan mata anda dari kerusakan.
  • Menonton Televisi Jangan Terlalu Dekat : Jarak yang aman untuk menonton televisi sekitar 2 meter untuk tv ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh! Nonton layar bioskop sebaiknya mengambil kursi yang paling belakang.dan Jangan Lama-lama Bermain Video Game dan Jangan Terlalu Dekat.
  • Makan Makanan Bergizi, Berserat dan Bervitamin A : Biasakan memakan makanan yang berserat dan memiliki kandungan gizi yang cukup. Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen atau makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, alpukat, tomat, pepaya, dan lainnya.
  • Segera berkonsultasi dengan dokter : jika terjadi gangguan pada kemampuan pandang mata Anda, misalnya : pandangan ganda atau kabur, terdapat huruf yang hilang saat melihat saat membaca buku dan lainnya.
  • Tips lain jika mata anda sakit karena terdapat benda asing coba lah untuk tidak di garuk atau di kucek! tapi gunakanlah air bersih yang hangat untuk membersihkan benda asing tersebut atau segera bawa ke dokter.

2 comments:

Ceranas said...

@dimdroid: Salam kenal juga om ^_^

ane udah mampir ke sini gan : http://medicine.uii.ac.id/

oh iya ini profil blog ane gan : http://www.blogger.com/profile/18434919863181414270

Obat Jerawat Herbal said...

thanks ya informasinya semoga bermanfaat bagi semua pengunjung.

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes