5 Alasan membuang sampah sembarangan

Sampah menjadi masalah setiap negara. Beberapa usaha sudah dilakukan oleh pihak kebersihan untuk melarang membuang sampah! Tetapi tetap saja, banyak orang yang sangat cuek dalam menjaga lingkungannya, itu karena faktor mereka yang belum memahami pentingnya kebersihan! Hasilnya adalah lingkungan yang tidak sehat terlihat di mana-mana. Udara tidak lagi terasa segar untuk dihirup. Dan ancaman terbesar adalah polusi lingkungan yang berimbas pada masalah global yang mengancam Bumi di masa mendatang.
Berikut adalah alasan mengapa orang tetap saja membuang sampah sembarangan :

  • Tidak diberikannya sarana tempat sampah yang baik dan banyak, hanya ada larangan! biasanya beberapa orang akan tersinggung jika ada KOTAK PESAN "JANGAN MEMBUANG SAMPAH SEMBARANGAN" :maka hal itu akan disengaja beberapa orang pun tetap membuang sampah.
  • Menganggap pasti akan ada yang membersihkan, beberapa orang berpikir bahwa pasti akan ada yang memungut sampah tersebut, misalnya botol "Aqua", memang botol dan plastik dapat di daur ulang dan bernilai harganya apabila dengan jumlah banyak di kumpulkan. tetapi apakah salah membuang sampah pada tempatnya, sehinggan jika ada yang mencari botol bekas, akan mempermudahnya.
  • Ada sebagian orang mengatakan ke pepet, sempatkanlah diri anda untuk menjaga lingkungan, jika tak ada tempat sampah" pindahkan sampah tersebut ke kantung plastik! bawa saja, dan anggap saja anda membawa makanan jika anda malu untuk mengakui itu sampah. jika sudah menemukan tempat sampah, buanglah sampah pada tempatnya.
  • Adanya pembuang sampah yang ikut-ikutan, seharusnya kita khawatir jika ada lingkungan yang terdapat sampah yang banyak, janganlah kita iku-ikutan membuang sampah; ubahlah lingkungan tersebut dengan kebersihan, minimal diri kita sendiri yang tidak membuang sampah sembarangan.
  • "Sampahnya nanti akan dibawa air hujan." atau "Sampahnya nanti akan dibawa arus sungai"  Alasan ini sungguh sangat lucu dan juga menyedihkan. Kalau begitu untuk apa pemerintah menyediakan tempat sampah. Kalau begitu untuk apa kita belajar tentang sampah. Kita seharusnya mengganti alasan itu, "Hari ini hujan, bisa menyebabkan kemampetan kalau sampah menumpuk karena kita membuang sampah, bisa banjir." kalau sudah begitu setidaknya sudah ada kesadaran. Ingat sungai bukan tempat sampah, tidak hanya sungai, begitu pula danau, waduk, got, atau laut sekalipun. Tempat itu adalah sebuah tempat tinggal juga untuk makhluk hidup lain. Maukah anda, rumah anda sendiri, penuh dengan sampah??? Tentu tidak!!.
Sekarang semua orang harus berpikir. Jika bumi kita tetap dirusak, bagaimana nasib generasi mendatang. Apakah anak-anak kita kelak dapat hidup nyaman seperti kita sekarang ini? Yang jelas kesadaran kita untuk memelihara bumi adalah mutlak. Setiap orang punya tanggung jawab. Setiap Negara punya peraturan untuk menyelamatkan bumi dari ancaman kehancuran. Siapa pun anda, bumi ini adalah tempat tinggal kita. kita harus menjaganya dengan baik, karena Bersih itu adalah sehat.

2 comments:

Obat Mata Herbal said...

thanks ya informasinya semoga bermanfaat bagi semua pengunjung.

Cerdas Terpelajar said...

Membuang sampah disungai itu yang menjadikan pemandangan alam tidak indah dan bersih lagi. Kalau terus terjadi saya rasa tinggal menunggu waktu aja untuk menikmati bau busuk setiap musim hujan.

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes