Definisi Halilintar

Petir, atau halilintar adalah gejala alam yang muncul pada musim hujan yang mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara keras. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya. Muatan listrik yang ada dalam petir sangat besar, yaitu mencapai 1.000.000 volt/meter.
Petir terjadi akibat perpindahan muatan negatif (elektron) menuju ke muatan positif (proton). Para ilmuwan menduga bunga api halilintar listriknya terjadi melalui beberapa tahapan:

  1. Pemampatan muatan listrik pada awan bersangkutan.
  2. Penumpukan muatan di bagian paling atas awan adalah listrik muatan negatif; di bagian tengah adalah listrik bermuatan positif; sementara di bagian dasar adalah muatan negatif yang berbaur dengan muatan positif.
  3. Pada bagian dasar inilah petir biasanya terjadi.

    TIPE PETIR :
    Tipe Petir yang paling umum terbagi atas: 
    1. Petir Awan ke Tanah (cloud-to-ground/CG) Petir yang paling berbahaya dan merusak. Kebanyakan berasal dari pusat muatan yang lebih rendah dan mengalirkan muatan negatif ke tanah, walaupun kadang kadang bermuatan positif terutama pada musim dingin.
    2. Petir dalam Awan (Intracloud/IC)Tipe yang paling umum terjadi antara pusat muatan yang berlawanan pada awan yang sama. Biasanya kelihatan seperti cahaya yang menghambur, biasanya kelap kelip. Kadang kadang kilat keluar dari batas awan dan seperti saluran yang bercahaya pada beberapa mil terlihat seperti tipe CG.
    3. Petir Antar Awan (Intercloud/CC) Terjadi antara pusat pusat muatan pada awan yang berbeda, Pelepasan muatan terjadi pada udara cerah antara awan-awan tersebut.
    4. Petir Awan ke Udara (cloud-to-sky/CA) Biasanya terjadi jika udara di sekitar awan ( +) berinteraksi dengan udara yang bermuatan ( – ).Jika ini terjadi pada awan bagian bawah maka merupakan kombinasi dengan petir tipe CG. Petir AC tampak seperti jari jari yang berasal dari petir CG.

      TIPE PETIR berdasarkan muatannya :
      1. PETIR NEGATIVE (-) : Biasanya terjadi sambaran berulang ulang dan bercabang cabang.
      2. PETIR POSITIVE (+) : Biasanya terjadi hanya satu kali sambaran.

        TIPE PETIR Lainnya :
        Ada banyak nama dan keterangan tipe dan bentuk petir. Beberapa adalah sub tipe dari ke empat tipe petir dan yang lainnya berdasarkan gambaran optik, bentuk tampilan dan mitos.
        Beberapa tipe yang terkenal : ball lightning, heat lightning, bead lightning, sheet lightning, silent lightning, black lightning, ribbon lightning, colored lightning, tubular lightning, meandering lightning, cloud-to-air lightning, stratospheric lightning, red sprites, blue jets, and elves.

        • BALL LIGHTNING (PETIR BOLA) : Pelepasan muatan listrik electrical yang secara kasar berbentuk bola dan berdiameter sampai 10 meter serta terjadi bersama sama dengan badai guntur. Foto dokumentasinya jarang dan sering salah terka seolah olah seperti UFO.
        • HEAT LIGHTNING (PETIR PANAS) : Terlihat di alam hari pada jika langit cerah. Awan Cb, cumulonimbus,(biasanya pada horizon atau pegunungan sekitarnya)tidak terlihat. Jenis sambaran bisa CC,CG atau IC.
        • SHEET LIGHTNING (PETIR YANG BERBENTUK SPREI TIPIS) Awan yang terang dari cahaya petir berada diantara pengamat dan sambaran petir yang tidak terlihat. Sambaran berasal darai cc, cg, atau ic.
        • Bead Lightning (PETIR MANIK MANIK) : Intensitas cahaya berubah ubah sepanjang saluran sehingga menyerupai kalung manik manik, juga dikenal sebagai petir gelang atau petir mutiara.
        • Ribbon Lightning (PETIR PITA) : Petir ini terjadi karena saluran petir bergerak kesamping akibat angin atau karena saluran yang berkelok. Sambaran petir yang berulang ulang memperlihatkan bahwa setiap sambaran berpindah jarak dari yang sebelumnya sehingga terlihat seperti pita.

          PENGHANTAR PETIR :
          • Signal Handpone : Sebaiknya hindari diri anda dari Handpone yang sedang aktif! karena signal panas adalah penghantar listrik yang kuat.
          • Getah Pohon dan Pohon yang Tinggi.
          • Saluran pipa yang mengandung Air.
          • Benda yang menancap langsung ke tanah (Tubuh manusia pun juga Berpotensi jika anda bermain bola di lapangan).

          1 comments:

          Obat Pemutih Ketiak Herbal said...

          thanks ya informasinya semoga bermanfaat bagi semua pengunjung.

          Post a Comment

           
          Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes