Pentingnya Air bagi Kehidupan

Kehidupan seringkali dilambangkan dengan air. Kita juga sering mendengar ungkapan ‘air kehidupan’. Itulah kenyataan hidup. Tanpa air tidak akan ada kehidupan. Justru dengan air inilah bumi yang kita pijak menemukan kehidupannya. Maka tak heran bila dalam kitab suci Al-Quran, Allah mengibaratkan penurunan kitabNya laksana air hujan yang turun dari langit. Dengan air melalui ‘RahmatNya’ inilah bumi yang tandus menemukan kehidupannya yang bermakna.

Begitu juga dengan tubuh manusia. Seperti diketahui, tubuh kita sebagian besar atau sekitar 60 % terdiri dari air. Melalui air inilah, berbagai proses metabolisme dan penyerapan gizi dalam tubuh berlangsung optimal. Kita bisa membayangkan apabila tubuh kita kering tanpa air atau kekurangan air, maka tubuh kita akan kurus keriput dan kering. Bahkan mungkin kita tak akan bisa bertahan hidup bila beberapa hari tanpa air.
Selain air yang menyangga tubuh, ternyata hampir semua organ tubuh kita juga mengandung air. Darah yang mengalalir dalam tubuh kita, sekitar 80 % terdiri dari air. Begitu juga pada otot kita, kandungan airnya mencapai 75 %. Otak kita, sekitar 85 % adalah air. Bahkan tulang dalam tubuh yang keras, juga mengandung air sebanyak 22 %.

Kegiatan menghirup nafas pun juga melibatkan peran air yang cukup penting. Permukaan paru-paru kita selalu dalam kondisi basah. Jutaan kantong udara dalam paru-paru menghirup udara yang banyak mengandung oksigen. Kantong-kantong udara ini pun membutuhkan peran air untuk mengalirkan oksigen yang dihirup masuk kedalam pembuluh darah. Begitu juga sebaliknya, carbondioksida (CO2) yang bersifat racun akan dibuang oleh darah dengan bantuan air.

Dalam proses pencernaan makanan, tubuh kita juga sangat tergantung dari air. Saat makanan masuk ke dalam mulut, akan bercampur dengan air liur yang membantu proses pengunyahannya. Begitu juga ketika hasil makanan itu masuk kerongkongan, air membantu menghantarkan dan pengolahannya. Begitu juga saat penyerapan gizi makanan oleh tubuh, dilakukan darah yang mengandung banyak air.
Kebutuhan tubuh yang besar terhadap air memang bisa kita dapatkan dari berbagai sumber. Selain dengan meminum air putih, buah, sayuran, maupun makanan lainnya juga banyak yang mengandung air. Dengan ketersediaan air yang cukup dalam tubuh, maka berbagai proses metabolisme tubuh pun dapat berlangsung secara optimal. Karena itu, kita harus menjaga agar jangan sampai tubuh kita kekurangan air.

Manfaat Banyak Minum Air :
  • Konsentrasi meningkat.
  • Ketahanan terhadap stres meningkat.
  • Tekstur kulit menjadi lebih baik.
  • Kesehatan saluran pernapasan menjadi lebih baik
  • Kesehatan saluran kencing dan pencernaan menjadi lebih baik.
Banyak lah kita minum air, apalagi jika berbuka Puasa, dahaga pun akan hilang tanpa menyebabkan resiko!
dari pada anda meminum air gula, atau sirup.

1 comments:

Obat Mata Herbal said...

thanks ya informasinya semoga bermanfaat bagi semua pengunjung.

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes